Saturday, July 29, 2017

Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB (Modem Eksternal GSM/ CDMA)

Tips Memilih Sebelum Membeli Modem | Modulator demodulator atau yang biasa disebut Modem yakni salah satu perangkat keras komputer yang bekerja mentransmisikan gelombang digital menjadi gelombang analog (dan sebaliknya - dua arah). Fungsi modem sendiri menyerupai yang kita ketahui yakni untuk menghubungkan PC/ Komputer dengan jaringan internet.
Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB
Dipasaran ada terdapat berbagai modem dengan merk yang bermacam-macam pula. Masing-masing mereka tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mulai dari segi fitur, harga, daya jalan masuk datanya sampai kualitas produk. Nah bagi anda yang agak awam dengan hal-hal semacam ini mungkin kebingungan dengan pilihan modem yang akan dibeli, nah untuk itu pada postingan kali ini kami akan membagikan "Tips Memilih Modem Eksternal (Modem USB) Sebelum Membelinya". So selamat membaca:

1. Pilih CDMA/ GSM
Hal pertama yang harus kau lakukan ketika memilih Modem yakni menentukan sistem komunikasi nirkabelnya. Ada dua jenis type komunikasi ini, yaitu Code Devision Multiple Access (CDMA) dan Global System for Mobilecommunication (GSM), masing-masing dari mereka tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, menyerupai misalnya problem biaya paket data CDMA lebih murah dibanding GSM, namun demikian cangkupan wilayahnya tidak terlalu besar (tidak semua kawasan support CDMA).

2. Kemampuan Akses Modem
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum memilih modem yakni melihat seberapa besar kemampuan jalan masuk data modem dalam satu waktu (second). Tentunya semakin besar semakin baik pilihannya. Sekedar informasi, satuan untuk jalan masuk modem yang digunakan yakni bps (byte per second).

3. Type jaringan 
Ada beberapa type jaringan provider yang digunakan di Indonesia, diantaranya adalah: 3G, HSPDA dan HSPA dan LTE (4G-masih dalam perkembangan). Masing-masing type ini tentunya memiliki kemampuan jalan masuk yang berbeda. Kabar gembiranya, telah tersedia modem dengan gabungan beberapa jaringan tersebut, dan ini tentunya menjadi rekomendasi untuk anda. Sebab jikalau kawasan anda belum mencakup jaringan yang tinggi anda bisa menggunakan jaringan yang tersedia.
 
4. Fitur SMS/ Telepon
Fitur SMS dan Telepon merupakan salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah modem, alasannya yakni tidak menutup kemungkinan anda akan mengakses internet dengan menggunakan simcard utama. Makara jikalau ada yang menghubungi anda (lewat SMS atau Panggilan) akan tetap masuk layaknya menggunakan handphone biasa.

5. Fitur Plug dan Play (Optional)
Ini yakni fitur pilihan, sebaiknya modem yang anda pilih yakni modem yang memiliki fitur Plug dan Play ,maksudnya yakni modem yang tidak perlu menginstall driveer modem usb secara manual.

6. Fitur Membaca QOS sim card (Optional)
QOS (Quality of Service) merupakan sebuah mekanisme jaringan dimana operator menetapkan bandwitch (lebar pita data) tertentu terhadap sebuah sim card yang kita digunakan. Hal ini terkadang menjadi hal penting yang  harus diperhatikan guna melihat jalan masuk bandwitch yang diberikan oleh pihak ISP (Internet Service Provider)/ Operator pada suatu paket data yang anda beli.

7. Budget
Terakhir dan yang paling penting yakni memilih modem sesuai kondisi keuangan, dalam artian memilih modem sesuai kebutuhan saja. Bijaklah dalam memilih dan jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli modem mahal, alasannya yakni pada intinya barang elektronik dalam waktu sekejap pasti akan ada yang gres lagi, sehingga anda juga pasti akan tergiur nantinya.

Nah demikianlah postingan kami kali ini perihal "Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB (Modem Eksternal GSM/ CDMA)", biar bermanfaat dan dapat menjadi rujukan yang baik untuk anda. Sekian terimakasih.

Tips Memilih Sebelum Membeli Modem USB (Modem Eksternal GSM/ CDMA) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous