Tuesday, July 25, 2017

Menguraikan Sintaks Rumus dan Penggunaan Fungsi IF Dalam Microsoft Excel

Menguraikan Sintaks Rumus dan Penggunaan Fungsi IF dalam Microsoft Excel | Fungsi IF merupkan salah satu fungsi dari rumus Microsoft Exel yang berfungsi untuk mengembalikan satu nilai apabila kondisi yang di tentukan mengevaluasi ke TRUE, dan nilai lain jikalau kondisi itu mengevaluasi ke FALSE. 
Menguraikan Sintaks Rumus dan Penggunaan Fungsi IF dalam Microsoft Excel
Misalnya ada rumus sebagai berikut: =IF(A1>10,"Over 10","10 or less") => pada rumus tersebut akan mengembalikan "Over 10" jikalau A1 lebih besar dari 10, dan "10 or less" jikalau A1 lebih kecil dari atau sama dengan 10.
Sintaks fungsi IF memiliki argumen berikut "IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])" dimana:
• Logical_test => Diperlukan. Nilai atau mulut yang dapat kita evaluasi ke TRUE ataupun FALSE. comtoh, A10=100 merupakan mulut nalar dari jikalau nilai di dalam sel A10 sama dengan 100, maka mulut mengevaluasi ke TRUE. Jika tidak, mulut akan mengevaluasi ke FALSE. Argumen seperpti ini dapat menggunakan operator kalkulasi perbandingan.

• Value_if_true => Opsional. Nilai yang akan Anda kembalikan apabila argumen logical_test mengevaluasi ke TRUE. contoh, nilai argumen ini yaitu string teks "terima kasih" dan argumen logical_test akan mengevaluasi ke TRUE, fungsi IF mengembalikan teks "terima kasih." apabila logical_test mengevaluasi ke TRUE dan argumen value_if_true dihilangkan (yaitu, hanya ada satu koma setelah argumen logical_test), maka fungsi dari IF akan mengembalikan 0 (nol). Untuk menampilkan kata TRUE, gunakan nilai nalar TRUE untuk argumen value_if_true.

• Value_if_false => Opsional. Nilai yang akan Anda kembalikan apabila argumen logical_test mengevaluasi ke FALSE. Contoh, nilai argumen ini yaitu string teks "sama – sama" dan argumen logical_test mengevaluasi ke FALSE, fungsi IF mengembalikan teks "sama – sama". Apabila logical_test mengevaluasi ke FALSE dan argumen value_if_true dihilangkan (yaitu, hanya ada satu koma setelah argumen logical_test), maka fungsi IF akan mengembalikan nilai nalar FALSE. Jika logical_test mengevaluasi ke FALSE dan nilai argumen value_if_false dihilangkan (yaitu, hanya ada satu koma setelah argumen value_if_true), maka fungsi IF akan mengembalikan nilai 0 (nol).
Keterangan

• Hingga 64 fungsi IF mampu ditumpukkan sebagai argumen Value_if_true dan juga Value_if_false

• apabila argumen untuk IF yaitu array, maka setiap elemen array akan dilakukan dievaluasi saat pernyataan IF dilakukan.

• Excel menyediakan aneka macam fungsi aksesori yang mampu digunakan untuk menganalisis data yang anda miliki berdasarkan sebuah kondisi. Misalnya saja, untuk menghitung jumlah kemunculan string teks atau angka di dalam rentang sel, gunakanlah fungsi lembar kerja COUNTIF atau COUNTIFS. Untuk menghitung jumlah berdasarkan sebuah string teks atau angka di dalam rentang, gunakan fungsi lembar kerja SUMIF atau SUMIFS.

Mudah bukan?. Nah demikianlah artikel kami ihwal Menguraikan sintaks rumus dan penggunaan fungsi IF dalam Microsoft Excel, biar mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Menguraikan Sintaks Rumus dan Penggunaan Fungsi IF Dalam Microsoft Excel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous