Wednesday, August 9, 2017

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel | Saya yakin bagi anda para pengguna PC atau sejenisnya pasti sudah tak gila lagi dengan yang namanya prosesor. Namun demikian, mungkin anda maih ada yang resah apa, apa sebetulnya fungsi dari prosesor. Kaprikornus prosesor ialah otak dari komputer, laptop ataupun sejenisya. Maka, kalau tanpa adanya prosesor, koputer atau laptop anda tidak akan mampu bekerja dengan baik. Dan dapat dikatakan prosesor memiliki fungsi yang sangat vital dalam penggunaan komputer atupun laptop.

Sebenarnya ada banyak produsen yang memproduksi prosesor, tetapi dipasaran dunia dan juga indonesia hanya ada dua merk saja yang menguasai pasar yaitu jasus dan juga AMD (Advance Micro Device). Memang sih bagi kalau orang yang gres mengetahui komputer pasti hanya mengetahui Intel saja tetapi kalau orang yang sudah terjun lama dalam dunia komputer pasti nama AMD sudah tidak gila lagi.

Dalam hal pamor memang Intel lah yang menang, namun demikian dalam hal ini produsen prosesor AMD juga tidak mau kala. Maka dari itu AMD terus mengeluarkan prosesor terbarunya, hal ini bertujuan untuk mengejar Intel yang sudah mengeluarkan prosesor generasi Core i7. Prosesor AMD yang terbaru ketika ini ialah AMD Bulldozer, prosesor milik AMD yang satu ini merupakan prosesor yang tercepat ketika ini dan merupakan tentangan dari Core i7 milik Intel.
Sementara untuk persoalan kinerja sendiri ke-dua produk hasil dari dua produsen prosesor ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing - masing. Tetapi kalau di bandingkan antara Intel dan AMD memang sama besar lengan berkuasa dalam teknologinya.

Berikut ialah kelebiahan dan kekurangan dari Intel dan AMD :
Kelebihan Intel
1. Prosesor Intel mengtur sediri temperaturnya, apabila prosesor terlalu panas maka prosesornya akan dengan sendirinya mengurangi kecepatan kinerjanya.
2. Prosesor Intel lebih besar lengan berkuasa pada aplikasi yaitu pada Multimedianya
3. Kinerja dari prosesornya sendiri tidak berisik, teknolgi ini menggunakan heatsink saja dan tidak menggunakan pendingin aktif menyerupai kipas
4. Dalam pasarannya Intel memang jauh lebih besar, mungkin hal ini dikrenakan Intel lebih duluan dan lebih terkenal daripada AMD
Kelemahan Intel
1. Jika ditinjau dari segi Grafis Intel sedikit lebih lemah daripada AMD
2. Pada Intel kalau menginginkan performa yang hebat, maka anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal
3. Jika ada terjadi kerusakan maka untuk memperbaikinya membutuhkan biaya yang cukup besar, hal ini dikarenakan prosesor dan motherboardnya bergabung menjadi satu
Kelebihan AMD
1. Teknologi AMD64 sangat baik untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64-bit
2. Pada umumnya AMD memiliki harga yang lebih murah dari pada Intel
3. Dalam urusan grafis AMD sedikit lebih besar lengan berkuasa daripada Intel
4. Enhanced Virus Protection Teknologi ini memungkinkan prosesor mendeteksi virus, dan kalau terdeteksi virus tersebut maka tidak akan di proses.
Kelemahan AMD
1. Jika anda seorang yang pecinta Game maka AMD tidak cocok untuk dipilih, hal ini alasannya ialah tidak semua game kompatibel dengan prosesor ini
2. AMD kalah pamor dari Intel sehingga banyak masyarakat yang memilih Intel daripada AMD
3. Prosesor AMD cepat panas tetapi hal ini sudah di atasi dengan adanya teknologi ice cooler pada produk Asus.

Nah itu ialah beberapa perbedaan antara prosesor Intel dan AMD, terima kasih atas kunjungan anda, supaya bermanfaat.

Perbedaan Prosesor AMD dan Intel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous