Sunday, August 6, 2017

Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer | Jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri aneka macam komputer serta perangkat lainnya yang sistem kerjanya dirancang untuk bisa saling bekerja bersama – sama dalam aneka macam macam manfaat dan juga tujuan misalnya saja untuk kanal informasi, berkomunikasi, mendapatkan ataupun menunjukkan layanan. Bagian yang bertugas mendapatkan layanan disebut dengan Client dan bab yang bertugas menunjukkan layanan disebut dengan Server. Sistem tersebut dikenal juga dengan nama sistem client-server yang sudah digunakan oleh hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri dari beberapa perangkat komputer yang bergabung dan didesain untuk bisa membuatkan sumber daya, berkomunikasi serta kanal gosip dari aneka macam daerah antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnnya daistu daerah ataupun sitempat yang berbeda.

Manfaat jaringan komputer
Ada banyak manfaat jaringan komputer dan diantaranya ialah sebagai berikut :
  1. Pertukaran data / Berbagi sumber daya
  2. Bertransaksi / Mempermudah berkomunikasi
  3. Membantu untuk mengakses informasi
  4. Bisa menunjukkan kanal gosip dengan cepat dan juga up-to-date

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan
  • LAN ( Local Area Network)

Local Area Network banyak dijumpai kampus, diperkantoran, maupun warnet. Jaringan ini berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam ruang lingkup yang tidak terlalu luas biasanya hanya beberapa km saja.
  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN memiliki fungsi yang sama denga LAN, namun bedanya MAN ini memiliki ruang lingkup kanal yang lebih luas dan dan memiliki kecepatan yang jauh lebih cepatSesuai dengan namanya maka jenis jaringan ini menunjukkan layanan sampai wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi. Ruang lingkup yang bisa diakses menggunakan MAN mencapai 50 KM.
  • WAN (Wide Area Network)

Sistem kerjanya juga masih sama dengan LAN dan MAN yaitu untuk menghubungkan beberapa komputer namun memiliki ruang lingkup jauh lebih besar dari pada LAN dan MAN. WAN merepakan hasil dari gabungan dari beberapa MAN. WAN ini bisa menghubungkan komputer antar negara.

Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya

1. Client - Server
Merupakan bentuk jaringan komputer yang fungsinya dikhususkan sebagai client dan juga server, layanan ini dapat diberikan oleh 1 komputer atau lebih.

2. Peer-to-Peer
Peer-to-peer ialah jaringan komputer yang pada setiap hostnya dapat berfungsi menjadi sebuah server ataupun menjadi client dalam waktu bersamaan.

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologi
  1. Topologi Bus
  2. Topologi TreeTopologi Ring
  3. Topologi Linier
  4. Topologi Mesh
Jenis – jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi
  • Jaringan berkabel (Wired Network)

Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan
  • Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan ini tidak menggunakan media kabel sebagai alat pengbungnya, tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya.

Demikianlah artikel tentang Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer, biar dapat menunjukkan manfaat, salam blogger.

Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous